30 April 2010

Wladimir Peter Köppen

Wladimir Peter Köppen (September 25, 1846 di Saint Petersburg, Rusia - 22 Juni 1940 di Graz, Austria) adalah seorang ahli geografi kelahiran Rusia, meteorologi, Iklim dan ahli botani keturunan Jerman. Setelah studi di St Petersburg, ia menghabiskan sebagian besar hidupnya dan karir profesional di Jerman dan Austria. kontribusi yang paling penting untuk ilmu pengetahuan adalah pengembangan sistem klasifikasi iklim Köppen, yang, dengan beberapa modifikasi, masih sering digunakan. Köppen memberikan kontribusi yang signifikan terhadap beberapa cabang ilmu pengetahuan.

Antara 1872 dan 1873 Köppen bekerja dalam pelayanan meteorologi Rusia. Pada tahun 1875, ia pindah kembali ke Jerman dan menjadi Kepala Divisi baru Kelautan Meteorologi di observatorium angkatan laut Jerman (Deutsche Seewarte) yang berbasis di Hamburg. Di sana dia bertanggung jawab menjalin suatu peramalan cuaca layanan untuk bagian barat laut Jerman dan wilayah laut yang berdekatan. Setelah empat tahun kerja, dia dapat pindah ke bunga utamanya - riset fundamental - dan meninggalkan kantor meteorologi.

Peta Köppen's iklim global klasifikasi


Köppen memulai studi sistematis iklim dan juga bereksperimen dengan balon untuk memperoleh data dari lapisan atas atmosfer. Pada tahun 1884, ia menerbitkan versi pertama peta tentang zona iklim di mana suhu berkisar musiman diplotkan. Karya ini menyebabkan pengembangan sistem klasifikasi iklim Köppen sekitar tahun 1900, yang ia terus meningkatkan seumur hidupnya. Versi lengkap dari sistem itu muncul pertama kali pada tahun 1918 dan, setelah beberapa modifikasi, versi terakhir diterbitkan pada tahun 1936.


Terlepas dari deskripsi jenis iklim yang sangat beragam, ia berkenalan dengan paleoclimatology juga. Pada tahun 1924 ia dan anak-in-law Alfred Wegener menerbitkan sebuah kertas yang disebut Die Klimate der Geologischen Vorzeit (The iklim dari masa lalu geologi) memberikan dukungan penting untuk teori Milankovic pada zaman es.


Menjelang akhir hidupnya, Köppen bekerja sama dengan climatologist Rudolf Jerman Geiger untuk menghasilkan sebuah karya lima jilid, Handbuch der Klimatologie (Handbook of Klimatologi). Ini tidak pernah selesai, tapi beberapa bagian, tiga dari mereka dengan Köppen, diterbitkan. Setelah kematian Köppen di tahun 1940, Geiger terus bekerja pada modifikasi sistem klasifikasi iklim.

Köppen adalah seorang ilmuwan produktif, memproduksi lebih dari 500 makalah, dan mempertahankan rasa ingin tahu intelektual dan berbagai kepentingan sepanjang hidupnya. Pada 1890 ia turut menulis atlas awan pertama Selain pengejaran ilmiah, ia aktif terlibat dalam masalah-masalah sosial, mencurahkan banyak waktu dan energi untuk masalah seperti penggunaan tanah dan reformasi sekolah dan gizi bagi kaum miskin. Dia adalah seorang advokat yang kuat untuk penggunaan bahasa Esperanto di jalan perdamaian dunia, menerjemahkan beberapa publikasi ke dalam bahasa Esperanto.

No comments:

Post a Comment