Geografi merupakan ilmu untuk
menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang
diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan
peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab
dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan
dasar mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan
sebagai mata pelajaran tersendiri.
Mata pelajaran Geografi membangun
dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi
spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik
didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi,
karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu
peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa
kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi
persepsi manusia tentang tempat dan
wilayah.
No comments:
Post a Comment